Pada defaultnya,saat membuka program akan muncul satu viewport, yang setting viewnya pada "TOP". Akn tetapi terkadang untuk mepermudah mengedit objek diperlukan beberapa view port sekaligus. Sehingga obje akan sekaligus terlihat dari berbagai sudut. Untuk memunculkan viewport caranya, sorot garis batas yang terlihat antara jendela viewport satu dengan lainnya, setelah muncul anak panah, klik kanan mouse maka akan muncul beberapa pilihan. Pilih "split area". Muncul garis pembagi lalu klik kiri mouse. Akan muncul viewport baru. Coba juga pada garis batas samping viewport. Ganti masing-masing sudut pandang dari menu "view".
Read More...
Mem-Pack Data
Jika akan membuka file .blend pada computer lain, butuh untuk memilih "pack data" pada menu file. Karena Blender tidak meyimpan sound dan texture pada file, sehingga tanpa "packing" maka sound dan texture tidak akan tampak jika file dibuka pada komputer lain. Untuk itu maka perlu untuk "pack data". Tapi perlu diperhatikan nantinya uuran file akan sangat besar.
Read More...
Meyimpan File
Saat pertama kali mengenal blender lalu membuka programnya, nampak sulit untuk mencoba meyimpan file yang dibuat. Saat setelah memilih save dalam file menu maka akan muncul gambar seperti ini.
perhatikan pada bagian kiri ada tombol dengan tulisam "P" ,dengan memencetnya maka akan dibawa ke direktori parent. coba diklik. Pada bagian sampingnya adalah tulisan yang menunjukan direktori dimana file akan disimpan.
Tombol di bawah tombol "P" berfungsi untuk melihat dan memilih driver yang ada dengan mengkliknya. Sedangkan dikanannya adalah tempat dimana menuliskan nama file yang akan disimpan.
Lihat juga pada ujung kanan ada tombol "save as" untuk perintah meyimpan file.
perhatikan pada bagian kiri ada tombol dengan tulisam "P" ,dengan memencetnya maka akan dibawa ke direktori parent. coba diklik. Pada bagian sampingnya adalah tulisan yang menunjukan direktori dimana file akan disimpan.
Tombol di bawah tombol "P" berfungsi untuk melihat dan memilih driver yang ada dengan mengkliknya. Sedangkan dikanannya adalah tempat dimana menuliskan nama file yang akan disimpan.
Lihat juga pada ujung kanan ada tombol "save as" untuk perintah meyimpan file.
Menampilkan User preferences
Taruh pointer mouse pada garis antara 3D Windows dengan tolbar paling atas, setelah muncul tanda panah tarik pointer ke bawah, maka akn muncul beberapa opsi setting pada bagian atas.
Beberapa setting yang sering dipakai :
- View dan Control : Tool tips an Setting mouse
- Edit Methods : Bagimana Sesuatu di link dan di gandakan
- language dan Fonts
- File Paths : Mendapatkan petunjuk dari blender
Beberapa setting yang sering dipakai :
- View dan Control : Tool tips an Setting mouse
- Edit Methods : Bagimana Sesuatu di link dan di gandakan
- language dan Fonts
- File Paths : Mendapatkan petunjuk dari blender
Jenis Window Dalam Blender
Blender memiliki beberapa macam tipe window dan setiap window bisa diatur tipenya.
Read More...
Beberapa tiep window, beberapa diantaranya:
- File/Image Browser- Untuk membuka file atau gamabr yang ada di komputer
- User Preferences- Meanmpilkan menu dan opsi
- Action Editor- Untuk membuat animasi
- 3D View- Untuk melihat yang sedang dibuat
- File/Image Browser- Untuk membuka file atau gamabr yang ada di komputer
- User Preferences- Meanmpilkan menu dan opsi
- Action Editor- Untuk membuat animasi
- 3D View- Untuk melihat yang sedang dibuat
Dasar-dasar Command Dalam Blender 3D
TAB Memindahkan antara edit mode dan mode object select.
"O" (bukan nol) akan meletakan dalam vertex editing yang proporsional saat dalam edit mode.
"A" Saat dalam edit mode, bagus untuk memilih semua vertek.
"B" Akan memunculkan sebuah kotak (window drag) untuk memilih banyak objek. dalam edit mode sama dengan "A". tetapi dengan memencet dua kali akan memunculkan circle select yang dapat berubah dengan memutar roda mouse.
Space Bar Akan memunculkn Tools Menu dimana bisa menambah objek baru
Number pad Mengontrol tampilan. "7" untuk Top, "3" side, "1" front, "0" camera, "5" perspective, "." zoom pada objek yang dipilih, "+ dan -" Zoom in out.
Mouse- Kiri untuk mengedit, kanan untuk memilih objek, tengah (roda mouse) untuk zoom dan rotasi tampilan. Roda+shift dapat memutar screen.
Shift- tekan Shift untuk memilih banyak objek dengan klik kanan mouse.
"R"- Rotasi objek
"S" - Merubah skala
"G" - Menggerakan Objek
Shift+D- Menduplikasi objek tau vertek
"E" - Extrude
"U" - Dalam obejk mode, akan memunculkan Single-User Menu utnuk Unlink materials, animation(IPOs) dll.
"M" - Menggerakan objek ke layer yang lain.
"Z" - Merubah tampilan dari wireframe ke solid
"Alt+Z" merubah tampilan texture
Jenis Window Dalam Blender 3D
Blender memiliki beberapa macam tipe window dan setiap window bisa diatur tipenya.
Beberapa tipe window:
- File/Image Browser- Untuk membuka file atau gamabr yang ada di komputer
- User Preferences- Meanmpilkan menu dan opsi
- Action Editor- Untuk membuat animasi
- 3D View- Untuk melihat yang sedang dibuat
"O" (bukan nol) akan meletakan dalam vertex editing yang proporsional saat dalam edit mode.
"A" Saat dalam edit mode, bagus untuk memilih semua vertek.
"B" Akan memunculkan sebuah kotak (window drag) untuk memilih banyak objek. dalam edit mode sama dengan "A". tetapi dengan memencet dua kali akan memunculkan circle select yang dapat berubah dengan memutar roda mouse.
Space Bar Akan memunculkn Tools Menu dimana bisa menambah objek baru
Number pad Mengontrol tampilan. "7" untuk Top, "3" side, "1" front, "0" camera, "5" perspective, "." zoom pada objek yang dipilih, "+ dan -" Zoom in out.
Mouse- Kiri untuk mengedit, kanan untuk memilih objek, tengah (roda mouse) untuk zoom dan rotasi tampilan. Roda+shift dapat memutar screen.
Shift- tekan Shift untuk memilih banyak objek dengan klik kanan mouse.
"R"- Rotasi objek
"S" - Merubah skala
"G" - Menggerakan Objek
Shift+D- Menduplikasi objek tau vertek
"E" - Extrude
"U" - Dalam obejk mode, akan memunculkan Single-User Menu utnuk Unlink materials, animation(IPOs) dll.
"M" - Menggerakan objek ke layer yang lain.
"Z" - Merubah tampilan dari wireframe ke solid
"Alt+Z" merubah tampilan texture
Jenis Window Dalam Blender 3D
Blender memiliki beberapa macam tipe window dan setiap window bisa diatur tipenya.
Beberapa tipe window:
- File/Image Browser- Untuk membuka file atau gamabr yang ada di komputer
- User Preferences- Meanmpilkan menu dan opsi
- Action Editor- Untuk membuat animasi
- 3D View- Untuk melihat yang sedang dibuat
Opsi Output
Biasanya film disimpan dalam bentuk AVI untuk windows. Tipe file ini akan bisa dimainkan dengan mudah pada kebanyakn media player. Ukuran file animasi akan sangat besar mencapai beberapa ratus megabyte. Untuk output yang bagus, biasanya digunakan resolusi 640x480 pixels. Dengan ini mka resolusinya rendah dan menghasilkan kualitas full-screen yang bagus ketika dimainkan.
Mengikuti Path dan Object
Pada kebanyakan software animasi, sebuah kamera dapat mengikuti sebuah path atau object ataupun keduanya ketika objek bergerak. Fitur ini akan menghemat banyak waktu animasi dan mengurangi banyakny keys yang dibutuhkan.
Membuat Keys
Sebuah key terletak pada awal dan akhir dari sebuah gerak, perubahan ukuran atau perputaran sebuah objek. Pikirkan bagaimana anda ingin perubahan terjadi dan sesuaikan denga fps yang telah diset. Contohnya, jika anda ingin agat sebua objek bergerak dari titik A ke titik B dalm waktu 2 detik dan fps yang telah diet adalah 15 fps, maka taruh 2 keys dalam 30 frame.
Faktor waktu
Untuk membuat animasi, pertama tentukan dahulu panjang frame animasi dan frames per second (fps).
Jenis Frame rate:
- NTSC- U.S. dan Standard Video Jepang = 30 fps
- Fim-Movie Standard = 24 fps
- PAL-Movie Standar video eropa = 25 fps
Biasanya untuk kebanyakan orang dalm membuat animasi menggunakan 15 fps, karena kebanyakn komputer akn menampilkan rate ini dengan halus, merender lebih cepar, dan kualtas animasi tetap bagus. tetapi jika komputer yang digunakan cukup tinggi, maka bisa menggunakan 25 fps.
Jenis Frame rate:
- NTSC- U.S. dan Standard Video Jepang = 30 fps
- Fim-Movie Standard = 24 fps
- PAL-Movie Standar video eropa = 25 fps
Biasanya untuk kebanyakan orang dalm membuat animasi menggunakan 15 fps, karena kebanyakn komputer akn menampilkan rate ini dengan halus, merender lebih cepar, dan kualtas animasi tetap bagus. tetapi jika komputer yang digunakan cukup tinggi, maka bisa menggunakan 25 fps.
Animasi
Sebuah animasi adalah sebuah seri dari gambar yang dirender dalam bentuk film. Kualitas dari film dipengaruhi oleh semua fitur yang tersebut diatas termasuk juga frames per second (fps), Outpur size, tipe file dan compression. Metode pembuatan animasi yang banyak digunakan adalah dengan metode yang disebut keyframing. key frames dibuat pada berbagai point dalam animasi ketika komputer merender semua perubahan frames diantara dua keys. Dengan CG 3D, animator tidak perlu lagi membuat gambar-gambar antara keyframe (inbetween).
Camera
Kamera adalah point of view dari secene yang kita buat. Seperti halnya kamera sungguhan, kita bisa mengatur jarak lensa untuk mendapatkan gambar close up atau widw angles. Jarak kamera dengan objek juga bisa diatur.
Lighting
Lighting membuat scene yang kita buat mejadi realis melalui refleksi dan bayangan. Kita bisa mengatur tipe cahaya, warna dan juga intensitasnya. Beberapa cahaya dapat diberi "fog" atau "dusty". Jarak iluminsai juga dapat diatur.
Read More...
Materials dan Textures
Kita bisa mengontrol bagaimana hasil gambar dengan menggunakan color dan textures. Materials memberikan efek realis pada object yang dibuat. Kita bisa mengontrol pantulan cahaya (glossines), self-emitting lighting characteristics, transparency dan pattern repetition. Untuk texture dapat dibuat semdiri dengan scan gambar atau membuat objek gambar dengan software gambar sepert photosop dan corel draw. Fioles gambar harus disimpan dala bentuk jpeg atai bitmap supaya dapat digunakan sebagai textures. Untuk blender, Ukuran gambar lebih baik square dengan ukuran perbandingan 8x8 pixel (16x16, 64x64, 256x256), meskipun dengan gambar yang rectangular dapat bekerja juga. Semakin besar ukuran pixel maka akan semakin besar pula ukuran filenya.
Rendering dalam Blender 3D
Rendering adalah sebuah gambar output dari scene 3d atau suatu object. Fitur-fitur seperti materials, lighting, oversampling dan shadows memiliki pengaruh dalam efek dan kualitas hasil rendering. Semakin banyak fitur yang ditambahkan , maka semakin realistik hasilnya, akan tetapi akan mempengaruhi lama waktu rendering.
Tentang Blender 3D
Bagaimana Blender bisa Gratis ?
Orang biasanya mengaitkan freeware perangkat lunak dengan istilah "buruk", "dengan fitur terbatas"
atau hanya "demo". Blender dapat berfungsi penuh. Kerjanya sebagai open-sourced, community
development program di mana orang-orang dari seluruh dunia bisa berkontribusi keberhasilan.
Blender adalah rendering \ animasi \ permainan development open-sourced-program freeware yang dikelola oleh Yayasan Blender dan dapat didownload, gratis, dari
www.blender.org. Tujuan dari yayasan dapat diringkas sebagai berikut:
"The Blender Foundation adalah sebuah organisasi independen (Belanda" Stichting "), sebagai
nirlaba keuntungan perusahaan publik, dengan tujuan berikut:
• Untuk mengatur dana kampanye untuk membiayai € 100.000 satu kali
biaya lisensi
• Untuk memberikan akses masyarakat Internet di seluruh dunia untuk teknologi 3D secara umum,
dengan Blender sebagai inti
• Untuk membuat layanan aktif untuk pengguna dan pengembang dari Blender
• Untuk mempertahankan dan meningkatkan produk sekarang Blender publik dapat diakses melalui
source code di bawah sistem GNU GPL
• Untuk menetapkan mekanisme pendanaan atau penghasilan yang melayani tujuan yayasan
dan menutupi pengeluaran yayasan "
Blender website (blender.org)
Read More...
Orang biasanya mengaitkan freeware perangkat lunak dengan istilah "buruk", "dengan fitur terbatas"
atau hanya "demo". Blender dapat berfungsi penuh. Kerjanya sebagai open-sourced, community
development program di mana orang-orang dari seluruh dunia bisa berkontribusi keberhasilan.
Blender adalah rendering \ animasi \ permainan development open-sourced-program freeware yang dikelola oleh Yayasan Blender dan dapat didownload, gratis, dari
www.blender.org. Tujuan dari yayasan dapat diringkas sebagai berikut:
"The Blender Foundation adalah sebuah organisasi independen (Belanda" Stichting "), sebagai
nirlaba keuntungan perusahaan publik, dengan tujuan berikut:
• Untuk mengatur dana kampanye untuk membiayai € 100.000 satu kali
biaya lisensi
• Untuk memberikan akses masyarakat Internet di seluruh dunia untuk teknologi 3D secara umum,
dengan Blender sebagai inti
• Untuk membuat layanan aktif untuk pengguna dan pengembang dari Blender
• Untuk mempertahankan dan meningkatkan produk sekarang Blender publik dapat diakses melalui
source code di bawah sistem GNU GPL
• Untuk menetapkan mekanisme pendanaan atau penghasilan yang melayani tujuan yayasan
dan menutupi pengeluaran yayasan "
Blender website (blender.org)
Kenapa Memilih Blender
Alasan saya memakai blender untuk belajar membuat gambar maupun animasi 3d adalah "gratis" dan fungsi yang ada juga cukup bagus. Selama ini jika menggunakan 3dmax, maya, bisanya kan pake bajakannya. Jadi dari sisi hukum itu kan ilegal. So ketika kita membuat produk tertentu dengan alat ilegal ketika terjadi hal yang tak diinginkan terutama menyangkut hukum maka bisa bertambah ruwet persoalannya. Jadi mending pake blender saja.
Read More...
Interface Blender
Blender di layar seperti ini ketika anda pertama kali masuk Blender.
Read More...
Layar dibagi menjadi tiga bagian: menu bar di atas, 3D jendela di tengah, dan tombol bawah jendela bagian bawah.
Peran menu bar sangatlah mudah. Anda dapat menemukan fungsi, seperti loading / menyimpan file, menambahkan objek, dll dari itu.
3D jendela adalah jendela utama dari antarmuka Blender. Dimana Anda melakukan semua pekerjaan untuk mengedit 3D di dalamnya.
* The cube: adalah standar 3D objek ketika Anda mulai Blender. It is pink seperti yang sedang dipilih. Biasanya dihapus dengan menekan tombol 'x' agar ada tempat yang bersih bagi Anda untuk mengedit sendiri dunia 3D.
* The kursor: Ini menunjukkan posisi di mana objek yang baru ditambahkan ke tempat. Itu akan dipindahkan di sekitar tempat dengan mengklik LMB (Kiri Tombol Mouse).
* Cahaya dan Kamera: mereka berada di tempat untuk rendering.
Tombol yang jendela untuk mengedit pengaturan bahan baku, lampu, animasi, 3D rendering untuk pemandangan.
Peran menu bar sangatlah mudah. Anda dapat menemukan fungsi, seperti loading / menyimpan file, menambahkan objek, dll dari itu.
3D jendela adalah jendela utama dari antarmuka Blender. Dimana Anda melakukan semua pekerjaan untuk mengedit 3D di dalamnya.
* The cube: adalah standar 3D objek ketika Anda mulai Blender. It is pink seperti yang sedang dipilih. Biasanya dihapus dengan menekan tombol 'x' agar ada tempat yang bersih bagi Anda untuk mengedit sendiri dunia 3D.
* The kursor: Ini menunjukkan posisi di mana objek yang baru ditambahkan ke tempat. Itu akan dipindahkan di sekitar tempat dengan mengklik LMB (Kiri Tombol Mouse).
* Cahaya dan Kamera: mereka berada di tempat untuk rendering.
Tombol yang jendela untuk mengedit pengaturan bahan baku, lampu, animasi, 3D rendering untuk pemandangan.