Analisa Kesuksesan Film Animasi Upin & Ipin

29 comments
Film Animasi Upin & Ipin bisa dikatakan Film animasi anak yang paling terkenal dan tersukses di Indonesia. Padahal film ini sendiri diproduksi oleh negeri Jiran, namun kenapa bisa sukses di Indonesia juga?

Melihat beberapa tahu silam, awalnya film Upin & Ipin tayang pertama kali di Indonesia di stasiun swasta Nasional bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Film ini sendiri saat itu ditayangkan setelah waktu asar dimana banyak anak-anak sedang bersiap-siap untuk pergi berbuka bersama di masjid. Bisa dibilang waktu tersebut adalah waktu paling tepat anak-anak menonton TV. Dari sini masyarakat Indonesia mulai mengenal kisah dua bocah kembar ini dengan setting budaya Melayu yang merupakan budaya umum masyarakat Indonesia sendiri.

Bersamaan dengan itu, di dunia internet sendiri mulai dikenal situs-situs video streaming, dimana Youtube menjadi rajanya. Situs Youtube juga menjadi tempat masyarakat Indonesia menonton film Upin & Ipin beberapa bulan kemudian setelah banyak yang mengenalnya. Sehingga semakin banyak masyarakat yang mengenal film tersebut.

Setting cerita budaya keseharian melayu dengan unsur kesederhanaan pedesaan ini yang sama dengan budaya Indonesia, tentu menimbulkan efek emosi dalam diri penonton. Apalagi tayang saat Ramadhan dimana banyak masyarakat perkotaan yang sedang rindu mudik pulang kampung.

Meski film untuk anak, namun dengan setting budaya tersebut,  remaja dan dewasa pun suka melihatnya. Ini akhirnya secara tidak langsung menimbulkan efek viral marketing di masyarakat. Hal ini sesuai dengan unsur penting viral marketing yaitu "kekuatan emosional manusia yang ikut terlibat".

kesuksesan film animasi Upin dan Ipin

Unsur lain yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana kekuatan karakter setiap tokoh di dalam Film ini. Setiap tokoh memiliki karakter yang kuat yang menggambarkan keragaman budaya masyarakat melayu.

2 Tokoh utama Upin & Ipin serta keluarganya menggambarkan kehidupan keluarga yang bahagia secara umum dalam masyarakat Islam di desa. Meski tanpa kedua orang tua, mereka tetap bahagia menjalani hidup.

Tokoh-tokoh pendukung yang menjadi teman-teman Upin & Ipin mewakili keragaman budaya masyarakat Melayu (Khususnya di Malaysia). Sebut saja Jarjit yang khas dengan budaya India-Melayu, Lalu Ada Memei yang merupakan bocah perempuan keturunan China. Keduanya pun memiliki ciri khas sifat masing-masing.

Lihat jarjit yang "agak kurang cerdas" tapi pintar dalam berpantun. Mail yang selalu bersikap logis dan mengukur segala sesuatu dengan jualan. Ihsan yang berperawakan gendut sukanya makan dan tokoh lainnya yang memiliki ciri khas masing-masing.

Meski ada banyak keragaman sifat karakter, cerita dibuat tanpa ada unsur kekerasan sedikitpun. Segala persoalan yang timbul selalu digambarkan dengan penyelesaian yang damai.

Intinya adalah kekuatan karakter dan setting budaya yang dapat menarik emosi penonton telah membuat Film Animasi Upin & Ipin ini sukses besar di Indoensia, ditambah lagi 12 prinsip animasi yang juga telah dicapai.

Dengan demikian, ada baiknya para produsen Film Animasi di Indonesia juga mempertimbangkan unsur-usnur penting yang ada dalam film Upin & Ipin tersebut.

Kita belum melihat sebuah film animasi Baru karya anak Indonesia yang menggambarkan kehidupan keragaman Budaya Indonesia sendiri. Alih-alih Unsur-unsur budaya barat atau jepang begitu kuat mempengaruhi film-film animasi karya Indonesia.



29 comments:

  1. upin ipin emang menarik tetapi sayang setiap yang menarik pasti dari luar negeri... andai indonesia mempunyai produk yang menarik.. pasti akan sangat menggelegar untuk ditonton.... nice article gan...

    ReplyDelete
  2. Film kartun yamg sangat menarik dan mendidik tentunya, tapi sayang itu bukan buatan indonesia,?

    ReplyDelete
  3. Menurut saya indonesia juga gak kalah gan, film yang ada di MNC TV yang setiap sore juga bagus. saya lupa judulnya tapi yang jelas buatan Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan gan judulnya Adit sopo jarwo... Udah sedikit diulas di post ini gan... Film adit sopo jarwo

      Delete
  4. sayang indonesia yang punya banyak potensi kurang dikembangkan

    goo.gl/9301Eu

    ReplyDelete
  5. semua pengisi acara upin ipin sangat sukses dan bermanfaat sekali analisanya

    ReplyDelete
  6. keren keren, Indonesia harus nisa bikin yg lebih bermutu :) analisa yg keren gann. Thanks yaa gan :)

    ReplyDelete
  7. analisanya sunguh bermanfaat sekali untuk di simak

    ReplyDelete
  8. iya setuju,,ditambah dengan ceritanya yang baik banget untuk anak-naka,,tidak seperti sinetron2 yang selau ada aktor jahat.
    di upin ipin semua orang baik dan ternyata tetap menarik :)

    ReplyDelete
  9. emang lucu sihhh film ....
    sukses terus deh ...

    ReplyDelete
  10. Lucu banget film itu :) sukses terus..

    ReplyDelete
  11. indonesia sekarang juga tidak ketinggalan kok untuk film animasinya, selain adit sopo jarwo ada juga keluarga somat yang tayang di ind**iar. semoga film animasi hasil karya anak bangsa dapat sukses seperti serial upin dan ipin.

    ijin share,,
    Bibit Tanaman Buah (Bibit Jeruk,Kelengkeng,Durian,Jambu,Sukun,Pisang,Sawo,Kelapa,dll)

    ReplyDelete
  12. coba di negeri kita tercinta bisa se sukses itu ya animasinya..

    ReplyDelete
  13. ngefans sama mail.. hehe, jiwa pedagang banget..

    ReplyDelete
  14. kapan kita bisa buat film film kayak gitu ya? dengar dengar upin ipin itu karya anak bangsa yang tidak diakomodir, akhirnya dijual ke luar..

    ReplyDelete
  15. Denger2 Upin Ipin yang bikin lulusan ITB ya? Kita bisa bikin juga kok Ipul dan Upil hehe

    ReplyDelete
  16. kalau ane suka ama pendidikan moralnya gan...sangat inspiratif...

    ReplyDelete
  17. Keren analisanya gan... moga dengan analisanya bisa membuat animasi kita berkembang...

    ReplyDelete
  18. wah, apalagi fans fagenya ipin upin sekarang udah 10 juta likers lebih

    ReplyDelete
  19. upi-ipin memeng bagus karena banyak nilai yang diajarkan di balik kelucuan animasinya....

    ReplyDelete
  20. apapu hasil analisanya ane suka gan sama flim kartun

    ReplyDelete
  21. meski bagus min soalnya anak anak di Panti juga banyak yang suka nonton flim animasi

    ReplyDelete
  22. Upin dan ipin ini buatan Indonesia ya awalnya ???

    ReplyDelete
  23. film upin ipin menggambarkan kehidupan anak kecil, di film tersebut juga banyak memberi pelajaran positif kepada anak anak

    ReplyDelete

Tidak Menerima Spam. Segala Bentuk Spam akan dihapus. Spam adalah komentar yang tidak berhubungan dengan isi posting. Mohon Berkomentar sesuai dengan pembahasan posting. Agar sama-sama untung.