Shortcut yang perlu diingat: TAB, W, E (lihat posting sebelumnya tentang Command basic)
TAB (editing)
Pertama seperti biasa, buka program Blender 3d, maka akan muncul objek berupa kubus (defaultnya). Selanjutnya kita akan mencoba mengedit objek kubus tersebut dalam Blender 3D. Supaya kubus dapat diedit, tekan tombol TAB, perhatikan pada garis yang membentuk kubus, jika warna berubah(defaultnya berwarna kuning) maka artinya kubus tersebut akan bisa diedit. Perhatikan juga pada menu bar bagian kanan (defaultnya dibagian bawah viewport). lihat gambar berikut:
Lihat dalam lingkaran merah. Tombol tombol tersebut, adalah yang akan digunakan untuk mengedit kubus tersebut.
Mari kita coba membentuk benda dari kubus:
"W" (menu Divide)
Setelah kita benar-benar memahami fungsi tiap tombol-tombol tersebut maka selanjutnya kita mencoba memahami,Fungsi "W" berikut:
"E" (Extrude)
Pahami benar-benar cara-cara mengedit yang dijelaskan sebelumnya.
Jika benar telah paham, coba pilih titik kubus lalu tekan "E", geser. perhatikan yang terjadi.
Coba juga : Dengam memilih garis, atau bidang lalu tekan "E" dan geser pointer.,perhatikan yang terjadi.
Itulah salah satu cara mengedit objek pada blender.
Dengan memahami fungsi-fungsi tersebut diatas, cobalah membuat sebuah benda yang ada didekat anda.
TAB (editing)
Pertama seperti biasa, buka program Blender 3d, maka akan muncul objek berupa kubus (defaultnya). Selanjutnya kita akan mencoba mengedit objek kubus tersebut dalam Blender 3D. Supaya kubus dapat diedit, tekan tombol TAB, perhatikan pada garis yang membentuk kubus, jika warna berubah(defaultnya berwarna kuning) maka artinya kubus tersebut akan bisa diedit. Perhatikan juga pada menu bar bagian kanan (defaultnya dibagian bawah viewport). lihat gambar berikut:
Lihat dalam lingkaran merah. Tombol tombol tersebut, adalah yang akan digunakan untuk mengedit kubus tersebut.
Mari kita coba membentuk benda dari kubus:
- Ubah tampilan viewport ke posisi camera: View>Camera. Terlihat kubus berbentuk 3 dimention.
- Pilih tombol editing paling kiri dengan mengklik nya, lalu arahkan pointer ke salah satu titik yang ada pada kubus. klik kanan, maka hanya titik itu yang dipilih. Ini berarti titik itu yang bisa di edit. Coba geser titik dengan klik kiri tahan(drag pointer dengan klik kiri). Coba lihat hasilnya dari berbagai pandangan (Front, top atau side). Tentu titk tadi akan berubah posisinya.
- Pilih tombol kedua dari kiri (dengan gambar garis). Coba seperti langkah sebelumnya. jika dengan tobol paling kiri yang terpilih adalah titiknya maka dengan tombol kedua ini yang terpilih adalah garisnya.
- Pilih tombol nomor tiga dari kiri (dengan gambar segitiga). Coba juga seperti langkah sebelumnya. Coba juga tombol yang paling kanan.
"W" (menu Divide)
Setelah kita benar-benar memahami fungsi tiap tombol-tombol tersebut maka selanjutnya kita mencoba memahami,Fungsi "W" berikut:
- Agar lebih mudah sebaiknya buat file baru (new), ubah ke view camera, lalu tekan TAB.
- Sekarang coba pilih 2 titik dalam satu garis(pada kubus), untuk memilih lebih dari satu titik tekan Shift saat memilih titik kedua. Setelah dua titik terpilih tekan "W", maka akan muncul jendela "Specials". Coba pilih tulisan paling atas(subdivide). Perhatikan apa yang terjadi pada kubus. Coba pula dengan tombol editing lainya lainnya dan perhatikan apa yang terjadi. (Untuk balik ke bentuk sebelum diedit dengan Ctrl+Z.
- Coba juga tombol editing lainnya dan lakukan langkah-langkah sebelumnya.
"E" (Extrude)
Pahami benar-benar cara-cara mengedit yang dijelaskan sebelumnya.
Jika benar telah paham, coba pilih titik kubus lalu tekan "E", geser. perhatikan yang terjadi.
Coba juga : Dengam memilih garis, atau bidang lalu tekan "E" dan geser pointer.,perhatikan yang terjadi.
Itulah salah satu cara mengedit objek pada blender.
Dengan memahami fungsi-fungsi tersebut diatas, cobalah membuat sebuah benda yang ada didekat anda.