promo buat wisata

Video Tutorial Lengkap (asli Indonesia)

Iseng mengetikan kata kunci, tutorial blender 3d, ternyata yang muncul di top page adalah blog ini.  lalu di bawahnya ada situs lain, yang ternyata menyediakan link download tutorial blender 3d  berupa video berbahasa Indonesia. Asyiknya lagi. link yang ditawarkan cukup lengkap sekali buat pemula. Dalam postnya, link dibedakan dalam dua kategori, yaitu 1. Pengenalan Blender 3d, 2. Modeling.  Semuanya terdiri dari 50 Video berupa swf. ukuran 800x600. 

Besar file ZIP dari masing-masing antar 2.5MB sampai 9Mb. Saya sudah mencoba mendownload semua linknya. Ternyata memang videonya sangat membantu bagi para pemula blender 3D untuk belajar blender, Meskipun dalam semua videonya yang dipakai adalah Blender 3D versi lawas, yang posisi bar menunya masih di bagian bawah. Namun yang terpenting adalah secara environment dan penjelasannya cukup menjelaskan cara kerja Blender 3D.

Apa saja yang dibahas dalam video tersebut, berikut saya lampirkan gambar dari windows pc saya: (dari pada capek nulisanya satu persatu, saya printscreensaja)

tutorial lengkap blender 3d berbahas indonesia
Tertarik untuk mengunduh, browse aja ke FBI (Forum bebas Indonesia) Forumbebasdotcom  thread-92473 atau cari dengan mesin pencari: Tutorial Blender 3d Bahasa Indonesia. 

Pengalaman mengunduh, kalau memakai modem standar, mungkin akan butuh berhari-hari untuk mengunduh. Bagusnya cari koneksi internet minimal kecepatan 300kbps. Saya sarankan di warnet yang memiliki kecepatan 2Mb keatas. Saya unduh semua file tersebut di warnet dengan kecepatan 4MB, saat itu pengunjungnya tidak terlalu ramai, butuh waktu 2jam-an.