promo buat wisata

Tutorial Dasar-Dasar Blender 3D Edisi 4

13 comments
Tutorial Dasar Blender 3D - Software Grafis 3D Blender telah menjadi salah satu alat penting dalam Industri animasi di Indonesia. Beberapa film animasi yang tayang di stasiun TV swasta banyak yang dibuat menggunakan software ini. Sifatnya yang terbuka untuk dikembangkan (opensource) menjadi pilihan yang tepat secara praktis dan ekonomis. Industri animasi di Indonesia semakin tahun juga semakin menggeliat.

Buat Anda yang tertarik terjun di bidang animasi, khususnya yang tertarik untuk menekuni grafis 3D, Anda bisa mulai mempelajari penggunaan software Blender 3D ini. Sifatnya Opensource GPL, membuat kita dapat mendownload dan memakainya gratis dan juga legal.

Meski opensource jangan remehkan hasilnya, karena sudah terbukti menjadi alat dalam pembuatan film animasi Indonesia seperti si Entong dan Adit & sopo jarwo.

Untuk mulai belajar cara menggunakan software ini anda bisa memulainya dengan membaca dan mempraktekan sebuah ebook Tutorial Dasar Blender edisi ke 4, yang dirilis oleh cdschools.org.

Namun untuk dapat belajar dari ebook ini setidaknya anda harus bisa memahami teks berbahasa Inggris. Atau jika Anda kesulitan, Anda tetap bisa memahaminya dengan cara diterjemahkan menggunakan google translator.

Sebelum mulai belajar dari dasar, tentunya pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal software blender ke dalam PC anda. Silahkan buka situs resmi blender.org, dan cari halaman download file instlallasi, jangan lupa baca dulu spesifikasi komputer yang dibutuhkan.

Mulai Belajar dan Praktek secara Rutin

Setelah Anda berhasil menginstalnya dan sudah dipastikan software dapat berjalan lancara di PC anda, barulah mulai untuk mempelajarinya. Sebaiknya buat jadwal rutin dengan menyediakan waktu luang setiap harinya khusus untuk belajar dan prakterk penggunaan software ini.

Dalam ebook ini sendiri, terdiri dari 23 Bab dimulai dari tingkat paling pemula. Jika saja, setiap bab Anda memerlukan waktu 2 jam untuk mempelajari, memahami dan mempraktekannya maka diperlukan lebih dari 46 jam untuk mempraktekan semua isi buku. Jika anda meluangkan waktu 1 jam setiap hari tanpa jeda maka anda perlu menjadwal waktu selama 46 hari ke depan.

tutorial dasar blender 3d pemula


Download ebook di sini
(Ebooknya Berbahasa Inggris ya :D )

Dalam Ebook ini yang akan dipelajari yaitu:

Mengenal item-item yang ada pada Blender
Antar muka Blender
Cara kerja Viewports (windows)
Membuat dan Mengedit Objek
Material dan Tekstur
Menyeting sebuah "Dunia"
Pencahayaan dan Kamera
Menyeting Render
Ray Tracing (Efek kaca, Transparansi dan bayangan)
Dasar Animasi
Menambah teks 3D
Dasar NURBS dan Meta Shape
Modifiers
Sistem Partikel dan Interaksi
Hubungan Child-parent
Bekerja dengan Constraints
Armatures (bones and skeletons)
Mesh Shape keys (Edit Vertex)
Fisika Benda
Bekerja dengan Nodes
Membuat spring, screw, gears dan lainnya
Game Engine Basic
Tekstur dalam Game Engine
Video Sequence Editor.




13 comments:

Tidak Menerima Spam. Segala Bentuk Spam akan dihapus. Spam adalah komentar yang tidak berhubungan dengan isi posting. Mohon Berkomentar sesuai dengan pembahasan posting. Agar sama-sama untung.