promo buat wisata

Animasi Pixar pun ‘Gitu Dech’ Awalnya

10 comments

Siapa yang tak kenal nama pixar? Jika Anda penggemar film animasi tentu tahu tentang studio animasi yang satu ini. Pixar bisa dikatakan merupakan pencetus awal film animasi tiga dimensi layar lebar. Masih ingat kan dengan film Toys Story pertama dimana direlease sekitar tahun 1994. Film ini sukses besar dipasaran karena itu tadi merupakan film pertama animasi 3d. 

Film Toys Story  pertama, dari sisi animating 3d memang telah bagus sebab memang tujuannya untuk komersil. Namun semua itu bukanlah hasil instan. Studio pixar butuh bertahun-tahun lamanya untuk sampai dapat membuat animasi 3d yang berkualitas. Apalagi ditambah dengan minimnya peralatan untuk pembuatan animasi 3d pada saat itu.

Sekitar tahun 84-an mulai dibuat film animasi pendek 3D oleh pixar, yang nampaknya awalnya bukan studio pixar namanya.  Film 3D animasi yang pertama berjudul “the Adventures of Andre & Wally”.  Lengkap dengan kredit title nya filam pendek ini hanya berdusari 1 menit 51 detik.  Dengan minimnya peralatan saat itu, tentu kualitas gerakan animasi dan gambar masih kurang. Namun, dilihat dari prinsip-prinsip dasar animasi tetap bagus.

3 tahun kemudian, 1987, telah muncul film animasi 3d yang berjudul  “Red’s Dream”.  Nampak disini nama Pixar telah muncul. Film ini durasinya juga lebih panjang. Bersama dengan kredit title film ini berdurasi  4 menit 14 detik. Film ini dari segi gerakan dan gambar jauh lebih bagus dari film sebelumnya, meskipun untuk karakter manusia masih agak kasar.

Tahun berikutnya, 1988 muncul animasi pendek dari pixar yang berjudul “Tin Toy”.  Peningkatan dari sebelumnya adalah masalah pencahayaannya yang semakin bagus. Dua film sebelumnya pencahayaan masih agak buram, namun di film ketiga ini cahaya sudah cukup terang.  Sehingga efek nyata dari 3d semakin bagus. Pada film ini karakter manusia masih cukup kasar.

1999, muncul lagi film pendek berjudul “Knick Knack”.  Perbedaan paling mencolok adalah animasi awal muncul nama pixar. Jika sebelumnya hanya, muncul kata pixar yang bergerak, di film ini munculnya kata “PIXAR” disertai dengan animasi lampu meja seperti yang terlihat pada opening film-film animasi pixar saat ini. Dari sisi cerita pun juga menunjukan jalan cerita yang bagus dan menarik.

Itulah proses Studio pixar, hingga akhirnya dapat membuat film Toy Story pertama yang mulai ditayangkn tahun 1994. Jadi untuk dapat membuat karya animasi yang bagus diperlukan  waktu untuk belajar dan berkembang.




10 comments:

Tidak Menerima Spam. Segala Bentuk Spam akan dihapus. Spam adalah komentar yang tidak berhubungan dengan isi posting. Mohon Berkomentar sesuai dengan pembahasan posting. Agar sama-sama untung.