Berbagai Hal Yang Perlu Dipelajari Animator

1 comment
Menjadi seorang animator tidak hanya sekedar dapat membuat gerakan gambar, lebih dari itu, setiap gerakan animasi harus dibuat tampak nyata. Oleh sebab itu syarat utama menjadi animator adalah dengan menguasai 12 prinsip dasar animasi.


Di samping itu calon animator hendaknya juga mempelajari tentang gerakan-gerakan dari setiap benda yang mungkin akan ada dalam adegan animasinya. Gerakan bola karet tentu akan berbeda dengan gerakan bola besi. Gerakan bulu yang tertiup angin juga berbeda dengan gerakan tali dan lain sebagainya. Hal yang terpenting lagi adalah animator harus mempelajari cara menganimasikan karakter agar menarik.

Hal-hal yang perlu dipelajari Animator diantaranya:

Animasi Benda-Benda Diam:

Seperti Apa menganimasikan benda mati (baik yang padat atau yang cair).

Animator perlu belajar tentang konstruksi dasar manusia:

Seperti: Anatomi, persendian, pola gerakan busur (arch).

Animator dituntut untuk menguasai cara menganimasikan karakter 'manusia':

  1. Gerakan manusia berjalan dan berlari
  2. Animasi akting-bahasa tubuh (emosi, postur tubuh)
  3. Animasi akting ekspresi wajah (ekspresi senang, marah, malu, bingung, lelah dsb)
  4. animasi akting dua karakter atau lebih

Perpaduan Postur Tubuh dan Ekspresi Wajah

Dengan memadukan gerakan postur tubuh yang tidak kaku dan ekpresi wajah yang tepat serta timing yang pas, karakter akan tampak hidup. Dalam hal inilah Animator dituntut untuk dapat menguasainya dengan cara sering berlatih. Nampaknya hal inilah yang menjadi jarak (penguasaan keterampilan) antara Animator baru dan animator handal. Hal ini dapat terlihat saat membandingkan film-film animasi antara karya-karya pemula dengan advance. Para pemula sering melupakan ekating ekspresi wajah sehingga karakter tampak seperti mayat hidup.


1 comment:

Tidak Menerima Spam. Segala Bentuk Spam akan dihapus. Spam adalah komentar yang tidak berhubungan dengan isi posting. Mohon Berkomentar sesuai dengan pembahasan posting. Agar sama-sama untung.