promo buat wisata

Langkah-langkah Bikin Film Animasi

Bagaimana langkah atau cara membuat sebuah film animasi atau animation movie? Khususnya film animasi 3D, kita bisa meniru step-step yang dilakukan oleh studio pixar. Berikut ini langkah-langkah yang diterpakan oleh Pixar dalam membangun sebuah animation movie:

# Seorang karyawan atau beberapa orang lainnya mendapatkan ide cerita. Ia akan membuat presentasi untuk beberapa anggota kelompok pembangun, untuk melihat apakah cerita  untuk animation itu akan disukai oleh penonton dan memiliki kemungkinan akan hal itu.

# Idenya kemudian akan didokumentasikan secara pendek untuk diringkas dan dibangun, dibuat dengan ide yang sama lainnya untuk dicampur dengan seimbang. Supaya Alur cerita dari animation movie menarik.

# Dokumen itu kemudian akan diterjemahkan ke dalam storyboard. Storyboard adalah versi buku komik (gambar-tangan) dari film (animation), dan itu akan menjadi cetak biru untuk aksi animasi dan dialog.

# Lalu, Dubbing suara disisipkan ke dalam gulungan storyboard tersebut.

# Reel dibuat, yaitu sebuah rekaman video yang memungkinkan membersihkan urutan storyboard dari animation untuk berdiri sendiri.

# Bidang seni akan memoles cerita dengan membuat tampilan dan nuansa untuk cerita dan karakter berdasarkan storyboard, panduan didokumentasikan, berdasar brainsorming dan ide-ide kreatif mereka.

# Karakter, set dan sifat baik dipahat dengan tangan dan kemudian dipindai dalam 3-dimensi atau dimodelkan dalam 3-D langsung.

# Membuat setting. Membuat setting lingkungan benar-benar yang real seperti kursi, meja, rambut panjang dll.

# Menterjemahkan cerita ke dalam adegan 3-dimensi, Koreografer karakter di set dengan kamera virtual dan menangkap rasa dan emosi.

# Menggunakan masing-masing perangkat lunak yang unik, mereka animasikan shots.

# pencahayaan dibuat oleh bantuan komputer.

# Render data. Ini adalah langkah dimana semua: shot, setting, warna, dll dari karakter diterjemahkan ke dalam frame tunggal film. itu akan membutuhkan proses yang besar dan benar-benar mengandalkan kemampuan software untuk menjamin kualitas produk yang diberikan. Belum lagi berapa jam untuk selesai.

# langkah akhir ditambahkan termasuk efek musik dan suara.


Prinsip Dasar Animasi

Bagi animator sendiri hendaknya menguasai prinsip-prinsip dasar animasi:

Buat Kamu Yang Akan 'Berjuang' membuat karya film Animasi, Tonton juga karya-karya Animasi Indonesia di blog film-animasi-Indonesia.blogspot.com