Prinsip Dasar Animasi

Banyak animator bilang, senjata animator adalah the principles of animation (prinsip dasar animasi). Untuk menjadi animator handal seorang harus mempelajari dan melatih untuk menerapkan prinsip-prinsip dasar animasi. Apa saja prinsip-prinsip tersebut? Download link di bawah ini untuk membaca mengenai prinsip dasar animasi.

The principle of animation


12 Prinsip Dasar Animasi:

  1. Squash and stretch
  2. Anticipation 
  3. Staging
  4. Straight ahead action and pose to pose
  5. Follow through and overlapping action
  6. Slow in and slow out
  7. Arcs
  8. Secondary action
  9. Timing
  10. Exaggeration
  11. Solid drawing
  12. Appeal 
Penjelasan dari setiap Prinsip browse wikipedia: http://en.wikipedia.org /wiki/12_basic_principles_of_animation.

Menurut saya, keberhasilan seorang animator adalah ketika dia mampu membuat sebuah karakter menjadi hidup. Jika kita mencoba membandingkan karya-karya film animation pendek antara buatan anak Indonesia dengan luar negeri, biasanya karya anak negeri lemah dalam membangun karakternya agar tampak hidup. Hal ini disebabkan karena bisa jadi kurang pahamnya tentang prinsip dasar animasi sebagaimana tersebut di atas.

Apalagi jika membangun sesosok karakter manusia, seharusnya seorang animator telah paham betul bagaimana mengekspresikan emosi terhadap karakter yang dibangunnya. Animator harus paham bagaimana ekspresi dan gerak-gerik karakter ketika senang, sedih, marah, bingung dan lainnya, yang selanjutnya digabungkan dengan prinsip dasar Animasi lainnya seperti Timing-nya.